0 10 Pemimpin Terhebat Dari Asia Sepanjang Masa.

Dengan peradaban tinggi pada masanya, wilayah yang luas, dan penduduk yang padat, Asia memerlukan pemimpin sangat berbakat, agar negara mereka bisa berkembang. Berikut adalah sepuluh besar penguasa Asia kelahiran asli. Kesepuluh diingat untuk lebih dari sekedar kemampuan mereka dalam menumpahkan darah musuh-musuh mereka, Tetapi juga karena keterampilan mereka dalam memimpin bangsanya.


10. Jalal-ud-Din Muhammad Akbar the Great (Oktober 15, 1542 ­ - Oktober 27, 1605)


Tahun 2011, Majalah Time mencantumkan Akbar di antara "Top 25 Political Icon. Dia adalah Kaisar Terbesar sepanjang masa di Mughal, India. Selain keberhasilan militer, ia sangat mempengaruhi kemajuan seni dan arsitektur di India. Toleransi agama, dan minat ilmiah, juga salah satu dari banyak keunggulan dari pemerintahannya yang panjang. Dia dianggap bukan hanya pemimpin terbesar di Asia, tapi salah satu pemimpin terbesar sepanjang sejarah dunia.


 9. Zhu Di, The Yongle Emperor (Mei 2, 1360  - Agustus 12, 1424)

  
Zhu Di memerintah China dari 17 Juli 1402 hingga 12 Agustus 1424. Hasil kerjanya berupa Ensiklopedia Yongle pada 1403. Di lalu memulai pembangunan Kota Terlarang yang terkenal, sebuah Situs Warisan Dunia, pada 1406. Ekspedisi ke Samudera Hindia membawa banyak pengetahuan tentang Asia dan Afrika, dan dia telah mendahului ekspedisi Eropa, yang mengakibatkan kolonisasi Eropa akhirnya sebagian besar dunia.



8. Emperor Meiji the Great (November 3, 1852  - Juli 30, 1912)


  Meiji yang paling terkenal dengan Restorasi Meiji, revolusi tahun 1868 yang mengakhiri Shogun Tokugawa  yang telah berdiri hampir tiga abad sebelumnya pada tahun 1600. Dalam revolusi ini, Meiji kembali mengontrol kekaisaran  atas Jepang dan memodernisasi negara, seperti yang digambarkan dalam film-film besar seperti The Last Samurai. Modernisasi Jepang membantu membuat Jepang dalam menciptakan pembangkit tenaga listrik, dan mengembangkan industri seperti negara barat, sehingga Jepang mampu mengalahkan China selama Pertama Perang Sino-Jepang (1894 - 1895), dan kemudian Rusia sepuluh tahun kemudian dalam Perang Rusia-Jepang (1904 - 1905), yang keduanya juga terjadi selama pemerintahan panjang Meiji. Dengan demikian, Meiji membuat Jepang menjadi salah satu dari negara kuat diluar Eropa dan Amerika Serikat dan mampu menyaingi negara-negara Eropa imperialis sebagai kekuatan utama dunia, selama Zaman Imperialisme dari akhir abad 19 sampai awal abad ke-20.


 7. Shah Jahan (Januari 5, 1592 ­to Januari 22, 1666)

  
Nama Shah Jahan dalam bahasa Persia berarti "Penguasa Dunia," Meskipun terdengar sombong. Pemerintahannya yang panjang 1628-1658 dianggap bahwa kekaisaran adalah  "Zaman Keemasan". Dari semua prestasi arsitektur dan militer Jahan, prestasi yang paling terkenal adalah salah satu keajaiban modern awal dunia: Taj Mahal. 

Monumen yang indah ini dibangun untuk istri Jahan, Mumtaz Mahal Setelah kematian Jahan, ia juga dimakamkan di dalam tempat megah arsitektur Islam-India itu.



6. Timur the Lame (April 9, 1336 ­to Februari 18, 1405)


 Meskipun paling umum dikenal sebagai "The Lame," Timur juga telah disebut sebagai "The Great". Di satu sisi, kampanye militer yang mengerikan dalam hal korban mereka pada kehidupan manusia, membunuh sekitar 17.000.000 orang, yang menempati peringkat hanya di bawah tiran modern seperti Hitler dan Stalin dalam hal kebrutalan bersejarah. Dia meninggal tahun 1405, berencan untuk menaklukkan Ming Cina.



5. Darius I (550­ SM - 486 SM)


 Darius memerintah selama tiga puluh enam tahun, atas satu-satunya negara adidaya di dunia pada saat itu. Di bawah pemerintahannya, Kekaisaran Persia membentang dari bagian Eropa dan Afrika, ke lembah-lembah sungai besar India. Dua karya utama seni dan arsitektur dari tanggal pemerintahannya: Prasasti Behistun, dan Istana di Persepolis. Meskipun istana itu sekarang tinggal reruntuhan, reruntuhan ini masih mencerminkan prestasi patung besar yang, hari ini menjadi sebuah Situs Warisan Dunia.

Ini adalah salah satu tragedi besar dalam sejarah budaya ketika tentara Alexander Agung menghancurkan bagian penting dari Istana Darius. Namun, meskipun banyak prestasi Darius, ia juga melampaui batas dalam usahanya untuk menaklukkan,  Scythians maupun orang Yunani. Walau demikian Persia adalah salah satu kerajaan terbesar dalam sejarah.

4. Kublai Khan (September 23, 1215 ­- Februari 18, 1294)

 
Selama hidupnya, Khan memiliki pengaruh besar pada banyak aspek sejarah Asia, terutama karena  Kekaisaran Mongol mencapai puncaknya, dalam banyak hal, di bawah pemerintahannya. Ia mendirikan Dinasti Yuan di Cina, yang berlangsung antara 1279-1635. Ekspansinya sukses, Mongol bahkan sampai -jauh ke pulau Jawa.



3. Xerxes I Of Persia (519 SM - 465 SM)

 Ia adalah salah satu pemimpin terbesar, dan membuatnya menjadi kekuatan global itu pada saat itu. meski invasi inya ke Yunani gagal, dia tetap legendaris bukan hanya Asia, tetapi juga budaya Barat.


2. Cyrus II Of Persia (600 atau 576 SM to 530 SM)

Cyrus, adalah ayah Xerxes ', mendirikan Kekaisaran Persia, kekaisaran tri-benua pertama dalam sejarah. Dialah "kapten yang hebat," istilah yang digunakan oleh para sejarawan militer untuk merujuk pada pemimpin militer terbesar sepanjang masa. Dengan demikian, kekaisaran yang didirikan oleh Cyrus melampaui batas teritorial pendahulunya seperti Asyur, dan meninggalkan warisan yang lebih besar pada wilayah luas dunia.


Perannya dalam sejarah agama juga signifikan, karena ia adalah orang yang menaklukkan Babel, membebaskan orang-orang Yahudi yang telah ditangkap oleh Raja Babilonia Nebukadnezar II, dan memungkinkan mereka untuk kembali ke Yerusalem. Dengan demikian, tidak hanya Cyrus dikenang sebagai salah satu pemimpin militer terbesar dalam sejarah dunia, ia juga dihormati dalam perkembangan agama.



1. Genghis Khan (1162 - Agustus 1227)

 Genghis Khan pantas sebagai urutan pertama dalam daftar ini. Ia menaklukkan wilayah lebih dari Alexander Agung, dan meletakkan dasar bagi kekaisaran terbesar dalam sejarah.Ia meletakkan dasar bagi kekaisaran diperintah oleh Kubilai dan Timur. Tidak mengherankan, kemudian, bahwa ia telah digambarkan dalam media sebagai tokoh yang kuat seperti dalam film besar seperti The Conqueror dan nominasida Oscar Mongol.


Dia juga memiliki pengaruh besar demografi Eurasia, bukan hanya dalam hal orang tewas dalam penaklukan, dan pencampuran masyarakat karena pembentukan kerajaan, dia jelas lebih besar jika hanya dianggap algojo kejam kemanusiaan. Pengaruhnya terhadap sejarah Eurasia menempatkan dia di antara komandan militer terbesar dalam sejarah Dunia.

0 comments:

Post a Comment

 

agan blog Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates