1 Kota-Kota yang Hilang


    Sebuah kota bisa dikatakan hilang karena ditinggal begitu saja oleh penduduknya setelah sekian lama dihuni. dan kini, meski ada yang hanya dianggap legenda, beberapa dari kota-kota itu  ada yang telah ditemukan kembali. Kini Kota-kota yang pernah hilang itu kini menjadi warisan budaya dunia yang dilindungi UNESCO. Mau tahu kota-kota apa saja yang pernah hilang? mari kita telusuri!



 1.Patagonia


Dikenal juga dengan "The City of Caesars" (Kota para Kaisar). Kota mitos ini diyakini ada di ujung selatan Amerika Selatan. Namun hingga saat ini, kota tersebut belum pernah ditemukan dan masih dianggap legenda.


2. Atlantis



Kota hilang yang paling terkenal, oleh Plato,  Atlantis digambarkan sebagai sebuah kota yang memiliki peradaban maju dan kekuatan armada laut yang tangguh. Sebelum tenggelam kedalam lautan, Atlantis telah berhasil menaklukan sebagian besar wilayah Eropa.



3. The Lost City of  Z


Berada jauh di pedalaman hutan Brazil (hutan Amazon). Sudah memiliki peradaban yang sangat maju. Terbukti ditemukannya peninggalan alat-alat canggih. Seperti jaringan canggih jembatan, jalan, dan kuil.


4. Troy



Kota ini berada di Turki. Tahun 1870an dilakukan penggalian dan ditemukan banyak reruntuhan bangunan berarsitektur modern di zamannya.



5. Petra



Berada di Yordania. Dianggap sebagai kota yang paling indah karena ditemukan arsitektur indah batu-batuan. Ditemukan juga kemajuan teknologi seperti bendungan dan waduk.



6. Palenque


Kota peninggalan bersejarah suku Maya yang berlokasi di gunung Tumbala, Chiapas, Mexico. Kota ini tidak terlalu besar tetapi memiliki bangunan-bangunan berarsitektur indah, patung-patung, dan ukir-ukiran yang dibuat oleh suku Maya.


7. Palmyra



Dulunya adalah sebuah kota penting di Syria. Merupakan kerajaan terkenal dan makmur dizamannya yaitu abad 2 SM.



8. El Dorado



Kota hilang yang paling dicari karen dikenal dengan kota emas. Diperkiraka berada di hutan Amerika Selatan. Konon kota ini dipimpin seorang raja yang kuat dengan kekayaan emasnya yang tak terhingga.


9. Memphis


Adalah ibukota Kerajaan  Mesir Lama, dari fondasinya hingga 22.000 SM, dan kemudian untuk periode singkat Kerajaan Mesir Baru, dan pusat administratif di sepanjang sejarah kuno.


 10. Machu Pichu


Berada di dekat Lembah Urubamba, Peru, banyak peninggalan reruntuhan kuno yang sering disebut sebagai kuil Machu Pichu. Membuktikan betapa tingginya peradaban pada saat itu.


 11. Angkor 


Berada di Kamboja. Ditemukan jejeran bangunan kota pra-industri dan pusat spiritual terbesar di dunia. Kota ini ditinggalkan penduduknya ketika Kerajaan Ayutthaya menyerbu ibukota Khmer pada tahun 1431. Pada tahun 2007, kota ini terlihat dari proses pemotretan satelit.




 12. Pompeii




Kota ini hancur setelah Gunung Vesuviusmeletus di dekatnya dan mengubur seluruh kota. Ditemukan peninggalan sejarah berupa mayat-mayat yang menjadi batu.



13. Sanchi



Kota ini menandakan zaman keemasan Budha. Yang paling terkenal adalah Stupa 1, dibangun Raja Mauryan. Berisi ukiran yang bercerita sejarah agama Budha.




14. Vijayanagar



Sebuah Kerajaan India, berada di Deccan, India Selatan. Ditemukan oleh Harihara (Hakka) dan saudaranya Bukka Raya. Kerajaan ini berdiri mulai tahun 1336 dan berakhir pada tahun 1660.



 15. Ephesus


Kota yang dulunya membentang sepanjang 3 km dibagian selatan kota Selcuk, provinsi Izmir, Turki. Merupakan pusat perdagangan dan pusat agama Kristen sampai sekarang reruntuhan ephesus merupakan salah satu pariwisata favorit.










Sumber: Majalah Just for Kids (JFK Magazine) (dengan penyesuaian)


1 comments:

  1. KompasQQ memiliki banyak permainan kartu online dengan uang asli yang dapat menemanimu di waktu santai, ada juga permainan unik dan populer saat ini.
    Kami juga menyediakan Permainan terpopuler saat ini.

    AGEN DOMINOQQ | DOMINO99 | BANDARQ | DOMINOBET | Capsa Susun | Minimal Deposit dan Tarik Dana RP 15.000

    Promo-promo terbaik yang di berikan KompasQQ
    • Bonus CASHBACK sebesar 0.5%
    • Bonus REFRENSI sebesar 10%+10%

    Jangan lupa untuk langsung mampir ke situs kami ya, di www. kompasqq. com

    Ditunggu kedatangan kaliah loh!

    ReplyDelete

 

agan blog Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates